Selasa, 26 April 2011

Pendiri LFC

John Houlding (1833-1902) adalah seorang pengusaha Inggris, asal Merseyside, dan pendiri Liverpool Football Club.
Houlding adalah wirasuastawan asal kota Liverpool. Ia mengenyam pendidikan di Liverpool College.

Houlding memiliki sebuah tempat pembuatan bir yang membuatnya dalam keadaan keuangan yang nyaman selama sisa hidupnya. Ia terpilih ke Dewan Kota Liverpool sebagai Konservatif mewakili bangsal Everton, sebelum diangkat Walikota pada tahun 1897.

Sebelum pemilihan Walikota, Houlding adalah pengurus dari tim sepak bola profesional pertama kota Liverpool, Everton FC Pada tahun 1882.
dalam sebuah putusan, Everton dipaksa untuk bermain di sebuah lapangan tertutup, setelah sebelumnya bermain mereka di Taman Stanley publik.
Sebuah pertemuan yang diadakan di Hotel Sandon di Anfield, Liverpool, yang dimiliki oleh Houlding, membawa Everton FC menyewa lapangan dari Priory Road.
Suatu ketika pemilik Lahan akhirnya meminta (Everton FC) mereka untuk pergi, dan Houlding menjamin lapangan baru di Anfield Road, walaupun harus membayar sewa kecil untuk John Orrell, sebuah rekanan bir.
Everton akhirnya melakoni pertandingan perdananya pada tanggal 28 September, 1884 dan berhasil mengalahkan Earlstown, dengan skor telak 5-0.

Setelah anfield berdiri, dan angka kehadiran /penjualan tiket penonton mencapai 8.000 per game.
Everton bisa dikatakan sukses bahkan Everton menjadi anggota pendiri Football League pada tahun 1888. Seiring berjalannya waktu, Houlding mulai meningkatkan tingkat bunga pinjaman ke klub.

Pada tahun 1891, John Orrell mengancam akan menarik sewa dari Anfield Road. Houlding menanggapi dengan mengatakan bahwa ia membentuk suatu perusahaan terbatas dan membeli tanah. Orrell bersedia untuk menjual, tetapi tanah milik Houlding berdekatan dengan Anfield Road, dan mengharapkan perseroan baru terbatas untuk membeli tanah ini juga.

Banyak anggota club menuduh Houlding mencoba untuk mencari keuntungan atas biaya klub. 279 anggota klub melakukan pertemuan pada 1892 untuk membahas masalah tersebut. Setelah pertemuan lagi pada tanggal 15 Maret 1892, Houlding adalah kalah suara dan lawannya memutuskan untuk meninggalkan Anfield dan membeli tanah baru.
Mereka membeli Goodison Park, di sebelah utara Stanley Park, seharga £ 8,000, dan selanjutnya menjadi markas dari The Toffees.

hanya menyisakan Houlding dan Orrell serta sebuah lapangan sepak bola yang ga ada penghuninya. Houlding merasa, jalan atau tindakan yang tepat pada saat itu adalah mendirikan kembali sebuah klub sepak bola lagi.
Saat itu juga Holding langsung mengumumkan untuk menciptakan klub sepak bola baru dan memberi nama LIVERPOOL FC.

0 komentar:

Posting Komentar

Zu Chi Hidayat © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute