Senin, 06 Desember 2010

Duel Panas North West Derby

Jika di Spanyol ada El Classico (Madrid vs Barcelona), maka di Inggris ada North West Derby sebagai duel terpanas yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United. Kenapa disebut terpanas?
LiverpudlianSemua bermula ketika revolusi industri yang terjadi di dataran Inggris, ketika kedua kota yang terpisahkan sejauh 50 km ini menjadi lambang supremasi ekonomi dan saling membutuhkan satu sama lain. Manchester dengan industrinya sedangkan Liverpool dengan pelabuhannya.
Tetapi semuanya berubah ketika dibukanya kanal di kota Manchester pada tahun 1894.
Rivalitas itu kemudian berlanjut ke ranah sepakbola, di mana sangat jarang sekali ada transaksi yang melibatkan perpindahan langsung antar kedua tim pemilik 18 gelar juara liga ini.
Transfer terakhir terjadi bulan April 1964 ketika pemain United, Phil Chisnall pindah ke Anfield.
Sedangkan Allenby Chilton menjadi orang terakhir dalam sejarah transfer kedua kubu, yang terjadi pada bulan November 1938.
Selain itu, untuk menjaga kemungkin terburuk yaitu tawuran antar kedua fans yang terkenal ganas ini, FA selalu memilih waktu pertandingan adalah siang hari di mana untuk menghindari para die hard kedua klub ini menenggak alkohol.
Dan hari minggu, 25 Oktober 2009 kita bakal menyaksikan mantan pujaan The Kop yang saat ini menjadi bagian dari skuad Sir Alex Ferguson berkunjung ke Anfield.
Yang pasti, sambutan dari The Kop tidak akan ramah kepada Michael Owen. Terlebih setelah dirinya mengeluarkan pendapat yang dikutip dari The Daily Telegraph tanggal 7 Oktober lalu yang mengatakan bahwa Manchester United adalah klub terbesar di dunia.
Menilik dari performa terakhir, jelas Gary Neville dkk berada di atas. Tetapi dalam partai derby, semua hal yang bersifat teknis bisa hilang seketika.

Jadi siapakah jagoanmu?...

0 komentar:

Posting Komentar

Zu Chi Hidayat © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute